Nama Sekolah
|
:
SMP Negeri 2 Tondong tallasa
|
Mata Pelajaran
|
: Matematika
|
Kelas/Semester
|
IX /1
|
Materi Pokok
|
: FUNGSI KUADRAT
|
Alokasi Waktu
|
: 10 jam @ 40 menit
|
A. Kompetensi Inti
·
KI-1 : Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
|
· KI-2 : Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (toleran, gotong royong), santun, dan
percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
· KI-3 : Memahami dan menerapkan
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata
|
· KI-4 : Mengolah, menyaji dan
menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi,
dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori
|
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
KI
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
3
|
3.3. Menjelaskan fungsi kuadrat dengan menggunakan
tabel, persamaan, dan grafik
3.4. Menjelaskan hubungan antara koefisien dan
diskriminan fungsi kuadrat dengan grafiknya
|
3.3.1 Membuat
sketsa grafik dari fungsi kuadrat
3.3.2 Menentukan
nilai optimum dari fungsi kuadrat
3.4.1 Menjelaskan
pengaruh hubungan dari koefisien x2 pada fungsi kuadrat f(x)
terhadap karakteristik dari grafik fungsi f(x)
3.4.2 Mengidentifikasi
sumbu simetri dari grafik fungsi kuadrat f(x) dengan memperhatikan nilai dari
koefisien x2 dan x
3.4.3 Menjelaskan
hubungan antara nilai diskiriman dan titik potong grafik fungsi kuadrat
terhadap sumbu-x
|
4.3. Menyajikan fungsi kuadrat menggunakan tabel,
persamaan, dan grafik
4.4. Menyajikan dan menyelesaikan masalah
kontekstual dengan menggunakan sifat-sifat fungsi kuadrat
|
4.3.1 Menentukan
fungsi kuadrat jika sudah diketahui grafiknya
4.3.2 Menentukan persamaan kuadrat
jika diketahui titik puncak, titik potong, sumbu simetri atau beberapa titik
pada persamaan kuadrat.
4.4.1 Menyajikan masalah kontekstual
dalam bentuk fungsi kuadrat
4.4.2 Menyelesaikan
masalah kontekstual yang berkaitan dengan fungsi kuadrat
|
C. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 1
Setelah melakukan serangkaian kegiatan
pembelajaran:
2.1.1.
Peserta didik dapat menunjukkan sikap jujur,
disiplin, tanggung jawab dan peduli
3.1.1.
Menggambar
grafik fungsi y = ax2
3.1.2 Mengembangkan
sikap gotong-royong, tanggungjawab, disiplin, kreatif.
|
*Nilai sikap (karakter) yang ditanamkan/ditumbuhkan
:
∞ Religius
∞ Nasionalisme
∞ Mandiri
∞ Gotong Royong
∞ Kejujuran
D. Materi Pembelajaran
Materi Reguler
Pertemuan 1
Grafik Fungsi Kuadrat
-
Menggambar grafik
fungsi y = ax2
|
Materi Pengayaan
Aplikasi fungsi kuadrat
|
Materi Remedial
Menentukan fungsi kuadrat dari beberapa informasi
|
E. Metode Pembelajaran
1.
Pendekatan
: Saintifik
2.
Model
: Discovery Learning
3.
Metode :
|
F. Media, dan Bahan
1. Media
o LKPD
|
2. Alat/Bahan
G. Sumber Belajar
Ø Buku Paket
Matematika kelas IX Revisi 2018
Ø Buku
Pegangan Guru (Matematika kelas IX Revisi 2018)
|
H.
Langkah
langkah pembelajaran
-
Pertemuan Pertama :
Menggambar grafik fungsi y = ax2
Kegiatan
Pendahuluan
|
Alokasi
waktu
|
|
v Memberi
salam dan berdoa sebelum memulai pelajaran (religius)
v Mengecek
kehadiran peserta didik, jika ada peserta didik yang tidak hadir karena sakit
meminta peserta didik mendoakan kesembuhannya. (religius)
v Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yang ingin dicapai. (mandiri)
v Guru menginformasikan cakupan
materi dan proses pembelajaran yang akan dilakukan. (mandiri)
v Guru menyampaikan aspek-aspek
yang akan dinilai selama proses pembelajaran berlangsung. (mandiri)
|
||
Sintax
Model Pembelajajaran
|
Kegiatan
pembelajaran
|
|
1. Stimulation
|
v Guru
mengajukan permasalahan berupa tabel yang akan dilengkapi oleh siswa secara
berkelompok. (mandiri)
(kegiatan 1 buku siswa
halaman 83)
|
|
2. Pernyataan/ identifikasi masalah (Problem statement)
|
v Guru
mengarahkan siswa untuk mencermati ketiga grafik yang telah dikerjakan dan
mendiskusikan serta mengumpulkan informasi tentang bentuk-bentuk grafik fungsi
y = ax2 yaitu:
a. Bagaimana bentuk grafik dari
y = x2?
b. Bagaimana bentuk grafik dari
y =- x2?
c. Bagaimana bentuk grafik dari
v y = 2x2? (gotong-royong)
|
|
3. Data Colection (pengumpulan data)
|
v
Secara berkelompok siswa
mengerjakan latihan 2.2 no 1 dan 2. (gotong-royong)
Dengan melengkapi terlebih dahulu tabel yang sudah tersedia
|
|
4.Data Processing (pengolahan
Data)
|
v
Pada masing-masing kelompok, siswa
mengolah data yang ada pada tabel sehingga menemukan beberapa bentuk dari
suatu fungsi kuadrat. (gotong-royong)
|
|
5.Verification/ pembuktian)
|
v Secara
berkelompok siswa saling bertanya dan bernalar dalam rangka membuktikan hasil
pengolahan data. (gotong-royong)
|
|
6.Generalisation
(menarik
kesimpulan)
|
v
Secara berkelompok, siswa
dibimbing menggunakan bahasa dan
pemahaman mereka sendiri dalam membuat
kesimpulan tentang bentuk grafik fungsi kuadrat y = ax2
1. Jika a > 0 maka grafiknya akan
terbuka ke atas
2. Jika a < 0 maka grafiknya
akan terbuka ke bawah
3. Jika a > 0 dan nilai semakin
besar maka grafiknya akan semakin “kurus”
4. Jika a < 0 dan nilai a makin kecil maka grafiknya semakin “gemuk” (gotong-royong)
|
|
Kegiatan
Penutup
|
||
v Guru
bersama peserta didik menyimpulkan hasil kegiatan pembelajaran (Gotong royong).
v Melakukan
refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan. (Mandiri)
v Memberikan
umpana balik terhadap proses dan hasil pembelajaran. (Mandiri).
v Menginformasikan materi yang
akan dipelajari pada pertemuan berikutnya. (Mandiri
dan Integritas).
v Guru
memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya dan memberikan
pendampingan kepada siswa yang masih kurang mampu.
v Doa
dan Salam. (Religius)
|
I. Penilaian
1. Teknik Penilaian
a.
Sikap Spiritual
No.
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1
|
Observasi
|
Catatan Jurnal
|
Terlampir
|
Saat pembelajaran berlangsung
|
Penilaian untuk dan
pencapaian pembelajaran (assessment for
and of learning)
|
b.
Sikap Sosial
Observasi (Selama KBM tentang )
· Ketelitian
· Rasa ingin tahu mengenai rasio perbandingan
No.
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1
|
Observasi
|
Catatan
Jurnal
|
Terlampir
|
Saat
pembelajaran berlangsung
|
Penilaian
untuk dan pencapaian pembelajaran (assessment for and of learning
|
c.
Kompetensi
Pengetahuan
No
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh
|
Waktu Pelaksanaan
|
Keterangan
|
1.
|
Lisan
|
Uraian
|
Lihat Lampiran
|
Saat pembelajaran berlangsung
|
Penilaian pencapaian
pembelajaran (assessmentoflearning)
|
2
|
Penugasan
|
Uraian
|
Lihat lampiran
|
Saat pembelajaran berlangsung
|
Penilaian
pencapaian pembelajaran (assessmentoflearning)
|
3
|
Tertulis
|
Uraian
|
Lihat Lampiran
|
Setelah pembelajaran selesai
|
Penilaian
pencapaian pembelajaran (assessmentoflearning)
|
Mengetahui:
Kepala SMP Negeri 2 Tondong tallasa
Husain Saleh,S.Pd.I
NIP. 19651231198803 1 131
|
Tondong
tallasa, Juli 2019
Guru Mapel Matematika
St.Aisyah S,S.Pd.,M.Pd.
NIP. 19761016 200604 2 020
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar